Perawatan Motor: Mengganti Gear Set, Karet Tromol dan Bearing Roda Depan…

Selamat pagi sobat. Gimana kabarnya.. Hati-hati diperjalanan karena saat ini sudah masuk musim penghujan. Sobat, diartikel kali saya akan share tentang perawatan terhadap motor yang biasa jadi armada dalam menemani aktivitas sehari-hari.. Kali ini si jet wahid, begitu saya menjulukinya, meminta jajan nih sob.. Kenapa dan apa saja yang harus diganti.. Cekidot..

Yang namanya kendaraan terutama motor jika digunakan setiap hari, wajar lah ya suatu saat salah satu atau beberapa spare part-nya mengalami keausan, jika ausnya tidak parah mungkin masih bisa dipakai beberapa saat saja (dalam keadaan darurat), namun sebaiknya di ganti saja.. Tetapi jika keadaannya cukup parah, mau ga mau harus diganti demi safety dan kenyamanan dalam berkendara..

Hari sabtu kemaren saya merasakan gejala kurang nyaman pada bagian gear dan rantai si jet wahid, sebenarnya sih sudah beberapa hari, namun karena belum punya waktu untuk mengeceknya, saya dibiarkan saja.. Hihi.. Akhirnya sekitar jam 2 siang langsung meluncur ke beres yamaha terdekat.. Nah gejalanya seperti apa, mangga disimak sob..

  • Rantai agak berisik padahal sudah dilumasi.. Tidak seperti biasanya kalau rantai sudah dilumasi, biasanya tidak akan terdengar bunyi bunyian, tapi sudah beberapa hari ini muncul bunyi bunyian yang membuat risih..
  • Performanya mulai menurun.. Akselerasi berkurang dan tarikan agak berat.. Ini disebabkan karena gear sudah terlihat mulai agak runcing.. Sebagai catatan karena memang sebenarnya beberapa bulan yang lalu rantainya sudah dipotong 2mata.. Jadi kinilah saatnya harus diganti..

Dengan dua alasan tersebut, akhirnya saya putuskan untuk sekalian mengganti saja rantai dan gearnya (depan-belakang) biar kembali ke performa semula sehingga nyaman dan aman dalam berkendara.. Hehe.

Kemudian soal bearing roda, gejalanya adalah stang terasa agak oleng ke kiri, perkiraan sih komstirnya yang kena tapi pas di cek om mekanik katanya komstir masih bagus.. Kemudian di cek bagian roda, dan saya juga ikutan ngecek, memang benar agak sedikit oblagh.. Ya sudah daripada waswas dijalan, langsung dieksekusi saja..

Kemudian, cek roda belakang bearingnya aman, bearing gear juga aman, tapi karet tromol yang kena.. Hadeuhhhh.. Yowessss eksekusi lagi.. Hiks.. Tadinya cuma mau ganti gear set doang, ternyata jadi nambah dua item lagi yg harus diganti… Kajeun lah nu penting mah aman dan nyaman deui make motor na.. Hehe..

Gimana kondisi motor sobat? Jangan jangan ada komponen yang sudah aus… Biar lebih yakinnya segera dicek ya, kalau tidak bisa melakukannya sendiri, ke bengkel saja.. Siapa tahu ada komponen yang sudah aus dan harus segera diganti, biar tidak waswas dijalan.. Tapi semoga saja motor sobat aman dan tidak ada kerusakan ya sob..

Ok sobat, sekian dulu artikel kali ini.. Terimakasih sudah mampir

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s